deskripsi

please give me critical and suggestion if you visit in my blog. Thank You so much :D

10 Mei 2014

Makalah Pembentukan Karakter Islam Yang Beriman


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT karna atas rahmat dan karunia-NYA , saya dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “Pembentukan Karakter Islam Yang Beriman” .
makalah ini merupakan inovasi pembelajaran dan berguna untuk teman-teman yang akan mempelajarinya bersama-sama.
Makalah ini sangat bermanfaat bagi teman-teman yang akan membacanya karna akan menambah wawasan yang lebih dalam lagi .
Saya juga menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan jauh dari  kesempurnaan , oleh karna itu saya membutuhkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pembaca untuk memperbaiki kekurangan makalah ini .
Balikpapan , 22 Oktober 2013
Penulis

Lilim Nova Amalia





DAFTAR ISI
Kata Pengantar ..................................................................................1
Daftar Isi ...........................................................................................2
BAB I : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ...................................................................................3
B.     Rumusan Masalah ...............................................................................
C.     Tujuan ......................................................................
D.    Manfaat ............................................................................................
BAB II : PEMBAHASAN
A.    Islam
1.      Pengertian Islam ............................................
2.      Fungsi islam bagi pemegang identitas islam ...........................
3.      Kandungan didalam islam
3.1  Rukun islam ..............................................................
3.2  Rukun iman ..............................
4.      Pandangan Islam Dimasyarakat .........................................
B.     Salat
1.      Pengertian Salat ................................
2.      Makna salat .......................................
3.      Kewajiban salat bagi kehidupan sehari-hari ..............................
C.     Al-Qur’an
1.      Pengertian Al-Qur’an ...................................................
2.      Fungsi Al-Qur’an .........................................................
3.      Manfaat Al-Qur’an ....................................................
4.      Keunikan Al-Qur’am Dalam Kehidupan Sehari-hari .......................
D.    Akhlak
1.      Sifat-sifat Terpuji
1.1  Tobat
1.1.1        Pengertian Tobat ..............................
1.1.2        Tujuan Tobat ......................................
1.1.3        Manfaat Tobat ....................................
1.2  Taqwa
1.2.1        Pengertia Taqwa.............................................
1.2.2        Ciri-ciri Orang Taqwa ......................................
1.2.3        Cinta Allah Kepada Orang Yang Taqwa ...................
1.3  Raja
1.3.1        Pengertian Raja ..................................
1.3.2        Muslim Yang Bersifat Raja ..............................
1.4  Sabar
1.4.1        Pengertian Sabar ................................
1.4.2        Macam-macam Sabar .......................................
1.5  Ikhlas
1.5.1        Pengertian Ikhlas ...............................................
1.5.2        Ciri-ciri Ikhlas ................................
1.5.3        Manfaat Dan Keutamaan Ikhlas ................................
1.6  Tawakal
1.6.1        Pengertian Tawakal .......................................................
1.6.2        Cara Membiasakan Diri Bersikap Tawakal .........................
1.6.3        Manfaat Tawakal .................................................
1.7  Syukur
1.7.1        Pengertian Syukur .....................................
1.7.2        Macam-macam Syukur ..................................
1.8  Qana’ah
1.8.1        Pengertian Qana’ah ........................
1.8.2        Hikmah Qana’ah .........................
1.9  Tawadu
1.9.1        Pengertian Tawadu ................................
1.9.2        Membiasakan Perilaku Tawadu ...............................
1.10       Jujur ..........................
1.11       Amanah
1.11.1    Pengeritian Amanah .....................................................
1.11.2    Macam-macam Amanah ...................................
1.12       Pemaaf .................................
1.13       Baik Sangka ...................
2.      Sifat-sifat Tercela
2.1  Hasad
2.1.1        Pengertian Hasad ...........................
2.1.2        Tanda-tanda Hasad .................................
2.1.3        Penyebab Hasad ........................................
2.1.4        Bahaya Hasad ...........................
2.1.5        Cara Menghindari Hasad ............................
2.2  Riya
2.2.1        Pengertian Riya .............................
2.2.2        Tanda-tanda Riya ........................................
2.2.3        Bahaya-bahaya Riya ..................................
2.2.4        Menghindari Sifat Riya .........................................
2.3  Aniaya
2.3.1        Pengertian Aniaya ...................................
2.3.2        Macam-macam Sifat Aniaya .................................
2.3.3        Cara Menghindari Sifat Aniaya ..................................
2.4  Diskriminasi
2.4.1        Pengertian Diskriminasi ................................
2.4.2        Macam-macam Diskriminasi .................
2.4.3        Cara Menghindari Sifat Diskriminasi ..................
2.5  Ananiah (Egois)
2.5.1        Pengertian Ananiah ............................................
2.5.2        Bentuk-bentuk Ananiah ....................
2.5.3        Akibat Sifat Ananiah ...............................
2.5.4        Cara Menghindari Perilaku Ananiah ...................
2.6  Gadab (Pemarah)
2.6.1        Pengertian Gadab ....................................
2.6.2        Akibat Dari sifat Gadab ..........................
2.6.3        Cara Mengatasi Sifat Gadab ...........................
2.7  Gibah (Menggunjing)
2.7.1        Pengertian Gibah ...................................
2.7.2        Sebab-sebab Gibah ...............................
2.7.3        Cara Menghindari Gibah .................................
2.8  Naminah (Adu Domba)
2.8.1        Pengertian Naminah .......................................
2.8.2        Cara Menghindari Sifat Naminah ....................
2.9  Takabur
2.9.1        Pengertian Takabur ...................
2.9.2        Ciri-ciri Takabur ............................
2.9.3        Akibat Negatif Sifat Takabur ...................
BAB III : PENUTUP
A.    Kesimpulan .....................................
B.     Saran .............................
Daftar Pustaka ............................................................







BAB I
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKANG
Pembentukan karakter islam yang beriman adalah bagaimana peran orang tua ikut andil didalamnya sejak anak pada usia dini.Tidak hanya peran orang tua tetapi keluarga dan lingkungan sekitar yang menjadi faktor eksternal. Dengan adanya lingkungan sekitar yang baik maka akan cepat dapat terbentuknya karakter islam yang beriman dan menunjukkan kualitas masyarakat didaerah tersebut.Pengaruh pembentukan karakter sejak dini , Agar mempermudah perjalanan hidupnya kelak dimasa yang mendatang
.
Pendidikan zaman sekarang banyak mengalami perubahan. Namun seringkali perubahan tersebebut ikut merubah moral dan karakter tiap individu. Perubahan moral dimulai dari kurangnya akhlak dan karakter yang bersifat agamis maka akan mempermudah melakukan akhlak yang negatif.
Pendidikan agama islam yaitu aspek pendidikan yang dibutuhkan oleh individu yang beragama islam. Pendidikan tersebut sebagai pedoman hidup dan sarana untuk pembentukan karakter yang benar.
B.   RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana pembentukan karakter islam yang beriman ?
2.      Bagaimana cara mengatasi perubahan di zaman sekarang ?
3.      Bagaimana peran orang tua dalam menimbulkan karakter yang beriman ?
C.    TUJUAN
1.      Untuk membentuk karakter islam yang beriman sejak usia dini.
2.      Meningkatkan akhlak sesuai ajaran islam
3.      Untuk mengetahui karakter islam yang beriman sesuai ajaran agama islam

D.   MANFAAT
1.      Agar individu tidak terjerat oleh hal-hal yang negatif
2.      Menjadi individu yang berkarakter islam yang baik.
3.      Dengan berkarakter islam yang baik individu dengan mudah dipercaya oleh orang lain

















BAB II
PEMBAHASAN
A.   ISLAM
1.      Pengertian Islam
Islam adalah agama allah yang diturunkan sebagai panduan hidup  manusia sejak zaman berzaman.
Agama Islam adalah agama Allah, dari Allah dan milik Allah. Diamanatkan kepada umat pengikut utusan Allah.
2.      Fungsi Islam Bagi Pemegang Identitas Islam
2.1  Islam sebagai agama allah
Islam sebagai agama Allah dinyatakan dalam predikatnya yaitu dienul haq (agama yang benar), dimana kehadiran dan kebenaran agama Islam nyata sepanjang zaman. Islam juga dinyatakan sebagai dinul khalis yang berarti kesucian dan kemurnian serta keaslian Islam terjaga sepanjang masa.
2.2  Islam sebagai panggilan allah
Allah memanggil orang yang beriman dan bertakwa kepada Islam dengan mengutus Rasul-Nya membawa Islam agar supaya disampaikan dan diajarkan kepada manusia . Oleh karena itu para rasul dan para pengikut nya yang setia hanya mengajak manusia kepada Islam.
2.3  Islam sebagai rumah yang dibangun oleh allah
Allah menjadikan Islam sebagai ”rumah” yang disediakan bagi hamba-Nya yang beriman dan bertakwa agar mereka hidup sebagai keluarga muslim. Dengan demikian Islam merupakan wadah yang mempersatukan orang yang beriman dan bertakwa dalam melaksanakan dan menegakkan agama Allah dalam kehidupan manusia dan masyarakat.
2.4  Islam sebagai jalan yang lurus
Orang yang beriman dan bertakwa yang memenuhi panggilan Allah kepada Islam, tetap dalam Islam melaksanakan ajaran Islam, karena mereka tahu dan mengerti bahwa Islam itu agama Allah. Merekalah yang sedang berjalan pada jalan Allah yaitu sirathal Mustaqim(jalan yang lurus).
2.5  Islam sebagai tali allah
Sebagai tali Allah, Islam merupakan pengikat yang mempersatukan orang yang beriman dan bertakwa dalam melaksanakan dan menegakkan agama Allah.
2.6  Islam sebagai sibgah allah
Sibgah atau celupan yaitu zat pewarna yang memberikan warna bagi sesuatu yang dicelupkan. Dengan Islam, Allah bermaksud memberkan warna atau corak kepadapa manusia. Untuk mendapatkan corak atau warna tersebut adalah dengan jihad, mengerahkan segala kemampuan nya dalam melaksanakan agama Allah. Muslim yang tersibghah adalah Allah tetapkan sebagai saksi atas manusia dan yang sadar akan identitasnya serta tahu akan harga dirinya sebagai hamba Allah yang beriman dan bertakwa.
2.7  Islam sebagai bendera allah
Islam sebagai bendera Allah di bumi. Bendera tersebut mesti dikibarkan setinggi tingginya, sehingga tampak berkibar menjulang tinggi di angkasa. Untuk mengibarkan atau menampakkan Islam, Allah mengutus Rasul-Nya dengan Alquran dan Islam, sehingga dengan demikian kekafiran dan kemusrikan akan dapat diatasi.
3.      Kandungan Didalam Islam
3.1  Rukun Islam
3.1.1        Mengucapkan 2 kalimat syahadat
a.       Pengertian syahadat
Syahadat berasal dari kata bahasa Arab yaitu syahida, yang artinya ia telah menyaksikan. Kalimat itu dalam syariat Islam adalah sebuah pernyataan kepercayaan dalam keEsaan Allah dan Nabi Muhammad sebagi Rasul-Nya. Syahadat sering juga disebut dengan Syahdatain karena terdiri dari 2 kalimat (dalam bahasa Arab Syahadatain berarti 2 kalimat syahdat). Kedua kalimat syahadat itu adalah :
1) Kalimat pertama
Artinya:
“Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT.”
2)      Kalimat kedua
Artinya :
“Dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah SWT.”
b.      Makna syahadat
1)      Ikrar
Ikrar yaitu suatu pernyataan seorang muslim mengenai apa yang diyakininya. Ketika seseorang mengucapkan kalimat syahadat, maka ia memiliki kewajiban untuk menegakkan dan memperjuangkan apa yang ia ikrarkan.
2)      Sumpah
Seseorang yang bersumpah, berarti dia bersedia menerima akibat dan resiko apapun dalam mengamalkan sumpahnya tersebut. Artinya, seorang muslim itu berarti siap dan bertangungjawab dalam tegaknya Islam dan penegakkan Islam
3)      Janji
Syahadat juga bermakna janji. Artinya, setaip muslim adalah orang-orang yang berjanji setia untuk mendengar dan taat dalam segala keadaan terhadap semua perintah Allah SWT yang terkandung dalam Al-Qur’an maupun Sunnah Rasul
c.       Syarat syahadat
Syarat syahadat adalah sesuatu yang tanpa keberadaannya maka disyaratkannya itu tidak sempurna. Jika seseorang mengucapkan dua kalimat syahadat tanpa memenuhi syarat-syaratnya bisa dikatakan syahadatnya tidak sah Syarat syahadat yaitu :
1)      Pengetahuan
Seseorang yang bersyahadat harus memiliki pengetahuan tentang syahadatnya. Dia wajib memahami isi dari dua kalimat yang dia nyatakan itu, serta bersedia menerima konsekuensi ucapannya
2)      Keyakinan
Seseorang yang bersyahadat mesti mengetahui dengan sempurna makna dari syahadat tanpa sedikitpun keraguan terhadap makna tersebut
3)      Keikhlasan
Iklhas berarti bersihnya hati dari segala sesuatu yang bertentangan dengan makna syahadat. Ucapan syahadat yang bercampur dengan ria atau kecenderungan tertentu tidak akan diterima oleh Allah SWT
4)      Kejujuran
Kejujuran adalah kesesuain antara ucapan dan perbuatan. Pernyataan syhadat harus dinyatakan dengan lisan, diyakini dalam hati lalu diaktualisasikan dalam amal perbuatan
5)       Kecintaan
Kecintaan berarti mencintai Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang yang beriman. Cinta juga harus disertai dengan amarah yaitu kemarahan terhadap segala sesuatu yang bertentangan dengan syahadat, atau dengan kata lain semua ilmu dan amal yang menyalahi sunnah Rasullullah SAW
6)      Penerimaan
Penerimaan berarti penerimaan hati terhadap segala sesuatu yang datang dariAllah dan Rasul-Nya
7)      Ketundukan
Ketundukan yaitu tunduk dan menyerahkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya secara lahiriyah artinya,seorang muslim yang bersyahadat harus mengamalkan semua perintah-Nya dan meninggalkan semua larangan-Nya
3.1.2        Mendirikan salat
a.       Pengertian salat
Salat menurut bahasa artinya do’a, sedangkan menurut istilah salat adalah ibadah berupa tindakan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam dengan memenuhi syarat dan rukun yang ditentukan dengan tujuan pasrah dan mencari ridho Allah SWT.
b.      Syarat Wajib Shalat
Syarat wajib shalat adalah syarat-syarat atau hal-hal yang menjadikan seseorang diwajibkan mengerjakan shalat. Syarat-syarat wajibshlat adalah sebagi berikut :
1)      Islam
2)      Balig(dewasa)
3)      Suci (dari haid dan nifas bagi wanita)
4)      Berakal
5)      Dakwah telah sampai
6)      Melihat atau mendengar, orang yang buta dan tuli sejak lahir tidak dituntut dengan hukum karena tidak ada jalan baginya untuk belajar hukum-hukum Islam
7)      Jaga (orang yang tidur tidak wajib shalat, begitu juga orang yang lupa)
c.       Syarat Sah Shalat
Syarat adalah sesuatu yang harus dipenuhi sebelum melakukan suatu pekerjaan. Dengan demikian, yang dimaksud dengan syarat sah shalat adalah sesuatu yang harus dipenuhi sebelum melakukan shalat sehingga shalat dihukumi sah .
Syarat-syarat sah shalat :
1)      Suci dari hadas besar dan hadas kecil
2)      Suci badan, pakaian, dan tempat dari najis
3)      Menutup  aurat (aurat ditutup dengan sesuatu yang menghalangi terlihatnya warna kulit. Aurat laki-laki antara pusar dan lutut. Aurat perempuan seluruh badannya, kecuali muka dan telapak tangan
4)      Mengetahui masuknya waktu shalat
5)      Menghadap ke kiblat (Ka’bah)
d.      Rukun Shalat
Rukun shalat adalah sesuatu yang dikerjakan pada saat melakukan shalat. Rukun shalt sebagai berikut :
1)      Niat
2)      Berdiri bagi yang mampu
3)      Takbiratul ihram (dengan membaca Allahu Akbar)
4)      Membaca Surah Al-Fatihah
5)      Rukuk disertai tma’ninah
6)      Iktidal disertai tuma’ninah
7)      Sujud dua kali disertai tuma’ninah
8)      Duduk diantara dua sujud disertai dengan tuma’ninah
9)      Duduk akhir
10)  Membaca tasyahud akihr
11)  Membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAWmengucapkan salam yang pertama (menoleh ke kanan)
12)  Menertibkan rukun
e.       Sunah-sunah dalam Shalat
Sunah adalah sesuatu yang lebih utama dilakukan, tetapi tidak sampai membatalkam atau menyebabkan shalat itu tidak sah apabila ditinggalkan.
Adapun yang termasuk dalam sunah-sunah shalat adalah:
1)      Mengangkat kedua tangan ketika takbiratul ihram. Tangan diangkat sampai setentang tinggi ujung dan telapak tangan setinggi bahu, keduanya dihadapkan ke kiblat
2)      Mengangkat kedua tangan ketika akan rukuk, ketika berdiri dari rukuk dan saat berdiri dari tasyahud awal
3)      Meletakkan telapk tangan kanan di ata punggung tangn kiri dan keduanya diletakkan di bawah dada
4)      Melihat ke arah tempat sujud, kecuali saat membaca syahadat tauhid
5)      Membaca doa iftitah sesudah takbiratul ihram dan sebelum membaca Surah Al-Fatihah
6)      Membaca Ta’awwuz sebelum membaca basmalah
7)      Diam sebentar sebelum membaca Surah Al-Fatihah dan sesudahnya
8)      Membaca Amin setelah membaca Surah Al-Fatihah
9)      Membaca surah atau ayat Al_qur’an sesudah membaca Surah Al-Fatihah bagi imam maupun shalat sendirian
10)   Makmum mendengarkan bacaan imam
11)   Mengeraskan bacaan Surah Al-Fatihah dan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an pada rakaat pertama dan kedua shalat Magrib, Isya, dan Subuh
12)   Membaca takbir ketika turun naik (takbir Intiqal ), kecuali
13)   Membaca sami’allahu liman hamidah saat bangkit dari rukuk
14)   Membaca rabbana walakal-hamdu ketika iktidal
15)   Meletakkan telapak tangan  di atas lutut ketika rukuk
16)   Membaca tasbih tiga kali ketika rukuk
17)   Membaca tasbih tiga kali ketika sujud
18)   Membaca doa ketika duduk antara dua sujud
19)   Duduk iftirasy  (bersimpuh) pada saat rakaat 1 dan 3 selesai
20)      Duduk tawarruk (duduk pada tahiat akhir)
21)      Duduk istirahat (sebentar) sesudah sujud kedua sebelum berdiri
22)      Bertelekan ke tanah ketika hendak berdiri dari sujud
23)      Memberi salam yang kedua (menoleh ke kiri)
24)      Saat memberi salam hendaklah diniatkan memberi salam kepada yang di sebelah kanan dan kirinya. Apabila menjadi imam diniatkan memberi salam kepada makmum dan makmum niat menjawab salam imam
f.       Hal-hal yang Membatalkan Shalat
Shalat jadi batal apabial melakukan salah satu dari hal-hal berikut:
1)      Meninggalkan salah satu rukun atau memutuskan rukun sebelum sempura denga sengaja
2)      Meninggalkan salah satu syarat shalat
3)      Berbicara dengan sengaja di luar bacaan shalat
4)      Bergerak lebih dari tiga kali (selain gerakan shlat)
5)      Makan dan minuman
6)      Berubah niat
3.1.3        Berpuasa pada bulan ramadhan.
a.       Pengertian puasa
Puasa yaitu menahan lapar dan haus serta hawa nafsu dimulai dari terbuit fajar sampai terbenam matahari karena perintah allah disertai niat dan syarat-syarat tertentu.
b.      Macam-macam puasa
Puasa wajib yaitu puasa bulan ramadhan , puasa nazar dan puasa kafarah (denda karena melakukan pelanggaran).
Puasa sunnat yaitu puasa pada setiap hari senin dan kamis , puasa pada tanggal 9 dzulhijjah , puasa pada tanggal 10 muharam , puasa 6 hari di bulan syawal , puasa pada tanggal 13,14 dan 15 pada setiap bulan qamariyah.
c.       Orang yang diwajibkan berpuasa
Orang islam yang berakal sehat dan tidak sakit , baligh dan kuat melaksanakan puasa.
d.      Syarat sah puasa
Beragama islam , mumaiyiz , suci dari haid dan nifas , waktu yang dibolehkan puasa.
e.       Rukun puasa
Niat pada malam hari, meninggalkan segala yang mebatalkan puasa pada siang hari yaitu dimulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.
f.       Hal-hal yang disunatkan dalam berpuasa
Makan sahur dan mengakhirinya , menyegerakan berbuka , membaca doa ketika berbuka , memperbanyak ibadah seperti membaca al-qur’an , salat sunat , i’tikaf di masjjid , memperbanyak amal kabajikan seperti bersedekah , saling tolong-menolong dalam hal kebaikan , membantu fakir miskin , anak yatim piatu dan sebagainya.
g.      Yang membatalkan puasa
Makan dan minum atau merokok dengan segaja , muntah yang disengaja , gila/ayan , mabuk/hilang akal , haid dan nifas , bercampur suami isteri pada siang hari , murtad.
h.      Orang yang dibolehkan tidak berpuasa
Orang sakit (harus mengganti puasanya pada hari lain) , orang yang bepergian jauh (musafir) , ibu yang sedang hamil , ibu yang sedang menyusui anaknya , orang haid dan nifas , orang yang sudah sangat tua harus membayar fidyah setiap hari ¾ liter beras untuk orang miskin.
3.1.4        Membayar zakat.
a.       Pengertian zakat
Secara bahasa , zakat berarti tumbuh , berkembang dan berkah atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan. Sedangkan menurut terminologi syari’ah , zakat berarti kewajiban atas harta atau kewajiban atas sejumlah harta tertentu untuk kelompok tertentu dalam waktu tertentu. Zakat dikeluarkan setahun sekali pada bulan ramadhan sebanyak 2,5 kg (3,1 liter) untuk setiap jiwa atau orang.
b.      Syarat-syarat zakat
1)      Islam
2)      Hidup pada bulan ramadhan sampai sebelum terbenam matahari pada hari terakhir bulan ramadhan.
3)      Memiliki kelebihan makanan dan harta untuk keperluan pada hari raya idul fitri.
c.       Harta yang Wajib Dizakati
Harta yang kita miliki pada hakikatnya adalah milik Allah SWT. Kita hanya sebagai penerima amanah. Oleh karena itu, kita harus dengan ikhlas mengeluarkan zakat sesuai dengan ketentuan syarak. Berikut ini harta yang wajib dizakati :
1)      Emas dan Perak
Emas dan Perak wajib dikeluarkan zakatnya apabila sudah mencapai nisab dan haul. Nisab emas adalah 20 dinar (96 gram), sedangkan nisab perak adalah 200 dirham (672 gram). Haul emas dan perak adalah 1 tahun dengan kadar zakat 2,5%. Perintah zakat emas dan perak dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah at-Taubah Ayat 34 yang artinya sebagai berikut :
“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih.” (Q.S. at-Taubah/9: 34)
2)      Harta Perniagaan
Harta perniagaan wajib dikeluarkan zakatnya jika sudah mencapai nisab dan haulnya. Nisab harta perniagaan senilai emas 96 gram dengan kadar zakat 2,5% dan haulnya 1tahun. Perintah zakat perniagaan dijelaskan dalam hadis yang artinya sebagai berikut :
“Bahwasanya Rasulullah SAW menyuruh kami untuk mengeluarkan zakat barang yang diperjualbelikan.” (H.R.Abu Dawud dari Samrah bin Jundub no.1335).
3)      Hasil Pertanian atau Perkebunan
Hasil pertanian atau perkebunan wajib dikeluarkan zakatnya setiap panen apabila sudah mencaspai nisab. Nisab hasil pertanian adalah 5 wasaq (652 kg) setiap panen. Kadar zakatnya adalah 5% jika pengairannya memerlukan biaya dan 10% jika pengairannya tidak memerlukan biaya. Perintah zakat hasil pertanian atau perkebunan dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah al-An’am Ayat 141 yang artinya sebagai berikut:
“Dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Q.S.al-An’am/6: 141)
4)      Binatang Ternak
Apabila binatang ternak sudah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan syarak, wajib dikeluarkan zakatnya. Binatang ternak yang wajib dikeluarkan zakatnya adalah unta,sapi,dan kambing. Ternak unta nisabnya 5 ekor, kadar zakat 1 ekor kambing umur 2 tahun atau lebih. Ternak sapi/kerbau nisabnya 30 ekor,kadar zakat 1 ekor sapi/kerbau umur 1 tahun atau lebih. Ternak kambing nisabnya 40 ekor, kadar zakat 1 ekor kambing umur 2tahun atau lebih. Binatang ternak haulnya 1 tahun.
5)      Barang Temuan (Rikaz)
Barang temuan merupakan harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Barang temuan tidak disyaratkan harus mencapai nisab dan haul. Kadar zakat harta temuan sebanyak 20% atau seperlima. Perintah zakat harta temuan dijelaskan dalam hadis yang artinya sebagai berikut :
“Rasulullah SAW bersabda, “Dan di dalam barang temuan ada haknya seperlima.” (H.R. al-Bukhari dari Abu Hurairah no. 1403).
d.      Orang-orang yang berhak menerima zakat
1)      Fakir
Orang yang tidak punya harta dan tidak punya usaha.
2)      Miskin
Orang yang memiliki usaha atau pekerjaan tetapi tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.
3)      Amil
Orang yang mengurus zakat.
4)      Mualaf
Orang yang masih lemah imannya yang mungkin baru masuk islam.
5)      Riqab
Budak yang dijanjikan akan dimerdekakan
6)      Gharim
Orang yang mempunyai hutang tetapi hutangnya bukan untuk maksiat.
7)      Sabilillah
Orang yang berjuang menegakkan agama allah
8)      Ibnu sabil
Orang yang bepergian jauh yang kehabisan bekal , seperti merantau atau menuntut ilmu.
e.       Hikmah zakat
1)      Dapat membantu orang yang lemah (fakir miskin) agar mereka dapat menunaikan tugasnya terhadap allah swt.
2)      Dapat membersihkan diri dari sifat kikir , tamak , serakah dan sifat tercela.
3)      Sebagai perwujudan adanya sikap syukur kepada allah swt atas nikmat dan karunia yang diberikan kepadanya.
4)      Dapat mencegah dan menyukseskan program pemerintah dalam mewujudkan pembangunan ekonomi , politik , budaya , pendidikan , keamanan dan sebagainya.
5)      Dapat mencegah dan mengurangi tindak kejahatan yang ditimbulkan dari si lemah.
6)      Dapat mempererat tali persaudaraan , ukhuwah wataniyah , ukhuwah islamiyah dalam kehidupan sehari-hari sehingga tercipta masyrakat yang baik , tenang , tentram dan bahagia.
7)      Harta yang dizakatkan menjadi harta hakiki yang dimiliki muzaki di hadapan allah
3.1.5        Menunaikan ibadah haji
a.       Pengertian haji
Menurut bahasa haji adalah al-qasdu ,maksudnya menuju atau menyengaja sesuatu. Sedang secara istilah syara/hukum ,haji berarti sengaja mengunjungi ka’bah/baitullah di mekkah untuk melakukan ibadah kepada allah swt. Pada waktu dan tata cara tertentu dengan tertib. Sedangkan yang dimaksud dengan waktu tertentu adalah bulan-bulan haji yaitu dimulai dari syawal sampai sepuluh hari pertama bulan dzulhijjah. Amalan ibadah tertentu ialah thawaf , sa’i , wukuf,mabit di muzdalifah,melontar jumroh dan mabit di mina.
b.      Syarat-syarat haji
1.      Islam
2.      Baligh (sudah dewasa)
3.      Berakal sehat
4.      Merdeka (bukan budak)
5.      Kuasa atau mampu. Memliki bekal yang cukup untuk dirinya sendiri dan keluarga yang ditinggalkan, aman dalam perjalanan, serta sehat jasmani dan rohani.
c.       Rukun haji
Rukun haji adalah segala sesuatu yang harus dilakukan pada saat haji. Apabila tidak dikerjakan, menyebabkan hajinya tidak sah. Haji harus diulangi pada waktu yang lain. Rukun haji adalah sebagai berikut :
1.      Ihram yaitu berpakaian ihram (serba putih) dan memulai niat ihram haji. Ihram ini dimulai dari miqat zamani atau miqat makani. Sebelum melakukan ihram disunahkan mandi , mencukur kumis , memakai wangi-wangian , memotong kuku , salat sunnah dan membaca talbiyah.
2.      Wukuf di padang arafah yaitu berdiam atau hadir di padang arafah pada waktu yang telah ditentukan , yaitu mulai tergelincirnya matahari (waktu dzuhur) pada tanggal 9 dzulhijjah.
3.      Thawaf yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak 3 kali yang dimulai dari hajar aswad dan ka’bah berada di sebelah kiri orang yang thawaf. Thawaf ada beberapa macam yaitu :
a.       Thawaf qudum yaitu thawaf yang dilakukan ketika datang di ka’bah
b.      Thawaf ifadah yaitu thawaf yang termasuk dalam rukun haji
c.       Thawaf wada’ haitu thawaf yang dilakukan untuk melepas diri dari yang diharamkan karna ihram
d.      Thawaf nadzar yaitu thawaf yang dilakukan karna nadzar
e.       Thawaf sunnah yaitu thawaf yang dilakukan dalam rangkaian ibadah sunnah
4.     Sa’i yaitu berlari-lari kecil diantara bukit safa dan marwah.
Syarat-syarat sa’i yaitu :
a.       Dimulai dari bukit safa dan diakhiri di bukit marwah.
b.      Sa’i dilakukan 7 kali , dari safa ke marwah dihitung sekali.
c.       Sa’i sesudah melakukan thawaf
5.      Tahalul yaitu mencukuratau menggunting rambut sekurang-kurangnya 3 helai. Mencukur rambut dilakukan setelah melempar jumrah aqabah dan apabila memiliki kurban , maka mencukur dilakukan setelah qurban.
6.     Tertib yaitu dalam melakukan rukun-rukun haji dilakukan sesuai ketentuan.
d.        Wajib haji yaitu perbuatan yang wajib dilakukan dalam melaksanakan ibadah haji. Namun apabila ada salah satu wajib haji ditinggalkan ,hajinya tetap sah akan tetapi harus membayar dam atau denda dengan cara menyembelih hewan. Hal-hal yang termasuk wajib haji yaitu :
1.      Ihram dari miqat. Miqat artinya batas atau ketentuan tempat dan waktu untuk melakukan ihram. Miqat terbagi menjadi 2 yaitu :
1.1   Miqat makani yaitu yaitu batasan tempat dimulainya ihram bagi yang mengerjakan haji.
1.2   Miqat zamani yaitu batasan waktu mulai melakukan ibadah haji. Adapun batasannya adalah sejak awal bulan syawal hingga terbit fajar pada hari raya haji.
2.     Mabit atau hadir di muzdalifah yang waktunya dimulai tengah malam hari raya haji pada tanggal 10 dzulijjah sesudah wukuf di arafah sampai sebelum terbit fajar.
3.     Melontar jumrah aqabah yaitu melontar jumrah aqabah dengan 7 kerikil yang waktunya pada hari raya tanggal 10 dzulhijjah sesudah wukuf di arafah sampai sebelum terbit fajar.
4.      Bermalam dimina pada hari tasyrik tanggal 11,12 dan 13 dzulhijjah pada siang harinya melontar jumrah ula, jumrah wusta ,jumrah aqabah yang masing-masing 7 kali dengan batu kerikil.
5.      Thawaf wada’ yaitu thawaf ketika akan meninggalkan ka’bah.
6.      Menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang selama ibadah haji , jika melanggar maka harus membayar dam.
e.       Sunnah haji
Sunnah haji yaitu pekerjaan yang berkaitan dengan urusan haji yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak ditinggalkan tidak berdosa. Hal-hal yang termasuk sunah haji yaitu :
1.      Mengerjakan haji ifrad. Kata ifrad secara bahasa artinya terpisah , yang dimaksud adalah memisahkan antar haji dan umrah , caranya mendahulukan haji kemudian baru umrah.
2.      Membaca talbiyah dengan suara nyaring bagi laki-laki , dan dibaca pelan-pelan bagi perempuan. Membacanya sejak ihram sampai melontar jumrah aqabah pada hari rayakurban (idul adha).
3.      Berdoa setelah membaca talbiyah , doa yang dibaca adalah doa memohon keridhaan allah , diberi kenikmatan surga dan dijauhkan dari siksa neraka.
4.      Salat sunah 2 raka’at sesudah thawaf.
5.      Masuk ka’bah.
f.     Cara mengerjakan haji
Untuk mengerjakan haji ibadah haji ada 3 cara yaitu :
1.      Ifrad yaitu mendahulukan rangkaian ibadah haji dan setalah selesai baru mengerjakan rangkaian ibadah umrah. Cara ini merupakan cara yang tepat dan paling afdal.
2.      Tamattu’ yaitu mendahulukan ibadah umrah daripada ibadah haji dan dilaksanakan pada bulan haji. Caranya ihram mula-mula untuk umrah dari miqat , selesai urusan umrah kemudian ihram lagi dari mekkah untuk haji.
3.      Qiran yaitu mengerjakan haji dan umrah secara bersama-sama. Caranya , seseorang ihram dari miqat untuk haji sekalgus untuk umrah , thawaf untuk haji dan umrah , sa’i untuk haji dan umrah , dan sebagainya. Bagi jamaah haji yang memilih cara tamatuk atau kiran sesudahnya diwajibkan membayar dam dengan menyembelih seekor kambing.
g.      Larangan selama dalam ihram
Beberapa larangan bagi orang ihram antara lain :
1.      Bagi laki-laki dilarang memakai pakaian yang berjahit.
2.      Bagi laki-laki dilarang menutup kepala.
3.      Bagi laki-laki atau perempuan dilarang memakai harum-haruman.
4.      Bagi wanita dilarang menutup muka dan telapak tangan jika dalam keadaan terpaksa boleh menutup muka tetapi harus membayar dam atau denda.
5.      Dilarang memotong rambut atau bulu badan yang lain dan memakai minyak rambut.
6.      Dilarang memotong kuku.
7.      Dilarang meminang , menikah dan menjadi wali dalam pernikahan.
8.      Dilarang menggauli isteri , bertengkar dan berbuat maksiat.
9.      Dilarang berburu dan membunuh binatang darat yang liar dan halal dimakan.
h.      Dam (denda dalam haji) adalah suatu yang wajib dipenuhi oleh jama’ah haji atau umrah karna melanggar atau meninggalkan wajib haji atau umrah. Dam atau denda tersebut tidak sama,maka dari itu bentuk-bentuk pelanggaran tersebut dapat digolongkan sebagai berikut :
1.      Dam karna mengerjakan haji tamattu ‘ dan qiran bagi jama’ah haji tamattu’ dan qiran harus membayar dam yaitu sebagai berikut :
1.1      Menyembelih seekor kambing yang sah untuk qurban.
1.2      Jika tidak sanggup menyembelih seekor kambing , ia harus berpuasa 10 hari ,3hari sewaktu ihram yang selambat-lambatnya sampai hari raya ,sedangkan 7 hari dikerjakan di negerinya sendiri (dirumah setelah pulang).
2.      Dam karena mengerjakan salah satu larangan dalam ihram haji yaitu :
2.1      Mencukur atau menghilangkan 3 helai rambut atau lebih selain rukun haji.
2.2      Memotong kuku.
2.3      Memakai pakaian yang berjahit bagi laki-laki.
2.4      Memakai harum-haruman atau minyak rambut.
2.5      Bermesra-mesraan atau bersetubuh antara tahalul pertama dan kedua.
Apabila mengerjakan salah satu larangan tersebut dikenakan salah satu dari 3 macam denda, yaitu :
2.6      menyembelih binatang yang sah untuk kurban.
2.7      Berpuasa selama 3 hari.
2.8      Bersedekah 9,3 liter makanan kepada 6 fakir miskin.
3.      Dam yang membatalkan haji dan umrah apabila terjadi sebelum tahalul pertama , yaitu :
3.1      Menyembelih seekor unta atau sapi atau tujuh ekor kambing dan wajib diulangi hajinya.
3.2      Harta unta dihitung untuk membeli makanan dan minuman itu disedekahkan di tanah haram dan hajinya wajib diulang.
3.3      Berpuasa dengan ketentuan setiap makanan atau 0,8kg daging unta ,diganti dengan berpuasa satu hari ,dan puasanya boleh dilakukan dimana saja ,kecuali menyembelih hewan atau membagikan makanan harus dilakukan di tanah suci mekkah.
4.      Dam yang dilakukan karena membunuh binatang liar yaitu :
4.1      Menyembelih binatang yang sebanding dengan binatang yang dibunuh.
4.2    Bersedekah kepada fakir miskin seharga bintang yang diburu atau dibunuh.
4.3    Berpuasa , dengan perhitungan ½ gantang makanan atau setiap 0,8 kg daging yang diburu / dibunuh ia harus puasa 1 hari.
5.      Dam yang disebabkan terlambat (terkepung).
Apabila sedang menunaikan ibadah haji pada ihram haji atau umrah ,datang pada waktu pelaksanaan ibadahnya terhalang oleh musuh dan tidak ada jalan lain,hendaklah ia berniat tahalul (melakukan ihram haji atau umrahnya dengan menyembelih seekor kambing di tempat ia terhalang , selanjutnya mencukur rambut kepalanya)
3.2  Rukun iman
3.2.1        Iman kepada Allah SWT
a.       Pengertian iman kepada allah
1)      Meyakini bahwa Allah SWT itu ada,
2)      Meyakini akan keesaan-Nya,baik dalam perbuatan-Nya menciptakan alam makhluk seluruhnya, maupun dalam menerima ibadat segenap makhluk-Nya,
3)      Meyakini bahwa Allah bersifat dengan segala sifat sempurna,suci dari segala sifat kekurangan dan suci pula dari menyerupai segala yang baharu (makhluk).
3.2.2        Iman kepada malaikat
3.2.2.1  Pengertian iman kepada malaikat
Iman kepada malaikat yaitu meyakini dan membenarkan dengan sepenuh hati , mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan perbuatan tentang adanya malaikat yang tercipta dari nur (cahaya) yang selalu taat dan patuh kepada Allah SWT.
3.2.2.2  Tugas dan nama malaikat
a.       Jibril, menyampaikan wahyu kepada para rasul dan nabi
b.      Mikail, membagikan rezeki dan menurunkan hujan
c.       Israfil, menuip terompet di hari kiamat
d.      Izrail , mencabut nyawa
e.       Rakib, mencatat amal baik
f.       Atid, mencatat amal buruk
g.      Mungkar & Nakir, memeriksa dan menanyai amal manusia di alam kubur
h.      Malik, menjaga neraka
i.        Ridwan, menjaga surga
3.2.2.3  Sifat-sifat malaikat
a.       Tidak perempuan dan laki-laki (tidak berjenis kelamin)
b.      Selalu taat dan patuh kepada Allah SWT dan tidak mendurhakai-Nya, serta selalu beribadah dan bertasbih
c.       Tidak makan dan minum, tidak tidur dan berbohong,
d.      Tidak berayah dan beribu, tidak bernafsu
e.       Selalu memintakanampun terhadap orang yang beriman
f.       Merasa bahagia dan mendoakan orang yang memperoleh Lailatul Qadar
g.      Dapat menjelma bentuk seperti apa yang dikehendakinya
3.2.3        Iman kepada kitab-kitab allah
3.2.3.1  Pengertian iman kepada kitab-kitab allah
Iman kepada kitab-kitab Allah SWT adalah mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitabNya kepada para nabi atau rasul yang berisi wahyu Allah swt untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia.
3.2.3.2  Macam-macam kitab
a.       Kitab taurat
Allah swt menurunkan Kitab Taurat kepada Nabi Musa A.S. Taurat dalam bahasa Ibrani disebut Thora. Kitab tersebut sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi Nabi Musa A.S dan umatnya (Bani Israil). Kitab Taurat merupakan bagian terpenting dari kitab suci agama Yahudi dan bagian dari kitab agama Nasrani.
b.      Kitab zabur
Zabur berasal dari kata zabara-yazburu-zabr, yang berarti menulis. Menurut arti asalnya, zabur adalah kitab tertulis. Zabur yang berarti kitab dalam bahasa Arab disebut mazmur. Kitab Zabur diwahyukan kepada Nabi Daud A.S sebagai pedoman dan petunjuk bagi diri dan umatnya untuk menggapai kebahagian hidup di dunia dan di akhirat.
c.       Kitab injil
Kata injil berasal dari bahasa Yunani euangelion yang berarti kabar gembira. Kitab Injil diberikan Allah swt kepada Nabi Isa A.S sebagai pedoman dan petunjuk bagi diri dan umatnya (Bani Israil). Kitab Injil yang sekarang berbeda dengan Kitab Injil yang diturunkan Allah swt. kepada Nabi Isa AS . kitab ini juga sudah mengalami penambahan dan pengurangan menurut pengarangnya. Ada beberapa pengikut Nabi Isa AS yang kemudian memasukkan karangannya kedalam Kitab Injil yaitu : Matius, Markus , Lukas, dan Yahya.
d.      Al-Qur’an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab ini sebagai kitab terakhir karena tidak ada lagi nabi setelah beliau. Al-Qur’an sebagai penyempurna dari kitab terdahulu. Dengan demikian, masa berlakunya Al-Qur’an adalah sampai akhir zaman. Hal itu berbeda dari kitab terdahulu yang berlaku pada masa kenabian nabi yang menerima kitab itu. Artinya, setelah diturunkan Al-Qur’an, masa berlakunya kitab sebelumnya sudah habis dan semua harus disesuaikan dengan Al-Qur’an.
3.2.3.3  Fungsi iman kepada kitab allah
a.       Sebagai standar baik dan buruk serta halal dan haram   dalam menentukan sesuatu
b.      Sebagai rujukan dalam menyelesaikan suatu masalah
c.       Sebagai penentram jiwa
d.      Sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan dalam menurut kehendak Allah swt
3.2.4        Iman kepada rasul
3.2.4.1  Pengertian iman kepada rasul
Iman kepada rasul-rasul Allah berarti mempercayai bahwa rasul Allah adalah sesorang yang terpilih , diutus dan ditugasi untuk menyampaikan ajaran Allah (wahyu) yang diterimakannya kepada umatnya , agar dijadikan pedoman hidup. Rasul adalah seorang nabi yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu Allah kepada umatnya , tetapi nabi diberi wahyu oleh Allah untuk dirinya sendiri dan tidak disampaikan kepada umatnya. Oleh karena itu rasul memiliki pengikut dan nabi tidak.
3.2.4.2  Sifat-sifat mulia dan mustahil
a.       Sidik artinya jujur, mustahil bersifat kizib artinya dusta. Nabi dan rasul wajib memiliki sifat jujur dan mustahill bersifat dusta karena jika mereka dusta maka tentu akan menyesatkan dan menyengsarakan umat manusia.
b.      Amanah artinya dapat dipercaya , mustahil beersifat khianat artinya berbohong.
Mustahil nabi dan rasul itu bersifat pembohong ,karena para pengikutnya tentu akan menjadi penipu juga.
c.       Tablig artinya menyampaikan , mustahil bersifat kitman artinya menyembunyikan.
Jika nabi dan rasul bersifat kitman tentu manusia tidak memiliki pedoman hidup yang bersumber dari Allah.
d.      Fatanah artinya cerdas , mustahil bersifat baladah artinya bodoh.
Nabi dan rasul harus siap berhujah mengajak umatnya kejalan Allah , berdialog meluruskan jalan sesat umatnya dan jika perlu berdebat dengan penentangnya. Oleh karena itu nabi dan rasul harus cerdas.
3.2.5        Iman kepada hari akhir
3.2.5.1  Pengertian iman kepada hari akhir
hari akhir adalah hari berakhirnya seluruh kehidupan di dunia ini. Iman kepada hari akhir berarti percaya bahwa kehidupan di dunia ini pasti akan berkesudahan. Artinya, kehidupan didunia ini tidak kekal.
3.2.5.2  Hari kiamat
a.       Kiamat sugra adalah kiamat kecil. Setiap makhluk pasti akan mengalami kematian, tidak ada makhluk yang abadi. Semuanya akan musnah dan binasa. Peristiwa kematian atau kehancuran makhluk hidup dinamakan kiamat sugra yaitu kiamat bagi makhluk yang mati itu.
b.      Kiamat Kubra berarti besar. Kiamat kubra adalah berakhirnya seluruh kehidupan mahluk yang ada di dunia ini secara serempak. Pada saat terjadinya kiamat kubra, segala sesuatu yang ada di dunia ini akan hancur, kecualiAllah SWT.Pada hari itu Dia sebagi penguasa tunggal yang tetap kekal
3.2.5.3  Proses kehidupan setelah hari kiamat
a.       Yaumul Ba’as
Yaumul ba’asadalah hari dibangkitnya seluruh umat manusia dari alam barzakh atau alam kubur.
b.      Yaumul Mahsyar
Setelah dibangkitkan dari alam kubur, semua manusia akan dikumpulkan di Padang Mahsyar, tidak ada seorang pun yang tertinggal. Oleh karena itu, peristiwa ini dinamakan yaumul mahsyar. Padang mahsyar merupakan mahkamah Allah SWT yang paling adil
c.       Yaumul Mizan
Yaunul mizan adalah hari penimbangan amal perbuatan manusia yang dilakukan selama hidupnya di dunia
d.      Yaumul Hisab
Yaumul hisab adalah hari perhitungan amal baik dan amal buruk yang dilakukan manusia selamahidup di dunia
e.       Balasan amal baik dan amal buruk
Setelah keempat proses tersebut dijalani manusia, mereka akan mendapatkan balasan sesuai dengan amal masing-masing. Orang yang baik amalnya akan mendapatkan kehidupan akhirat yang menyenangkan. Mereka akan masuk surga dan kekal didalamnya. Sedangkan orang yang berbuat kemaksiatan, kejahatan, kemusyikan dan ingkar kepadaAllah akan dibalas dengan azab neraka
3.2.5.4  Hikmah Beriman kepada hari akhir
a.       Kita menyadari bahwa hidup di dunia ini tidak kekal
b.      Manusia hidup di dunia ini diibaratkan sebagi musafir
c.       Hidup di dunia hanya sementara sedangkan akhirat adalah kekal
d.      Kita akan rugi jika tidak mampu menggunakan kehidupan dunia dengan sebaik-baiknya
3.2.6        Iman kepada qada’ dan qadar
3.2.6.1  Pengertian iman kepada qada’ dan qadar
Menurut bahasa qada berarti ketentuan. Menurut istilah, qada berarti ketentuan Allah SWT terhadap mahluk-Nya yang tidak diketahui oleh siapa pun dan belum terjadi. Qadar (takdir) berarti ketentuan Allah SWT bagi mahluk-Nya dan sudah terjadi. Beriman kepada qada dan qadar adalah memercayai sepenuh hati bahwa Allah SWT memiliki ketrentuan yang berlaku bagi setiap mahluk-Nya
3.2.6.2  Fungsi iman kepada qada’ qadar
a.       Menyadarkan manusia terhadap pentingnya ikhtiar dan tawakal.
b.      Meningkatkan kesabaran dalam menghadapi cobaan dan ujian.
c.       Menyadari bahwa cobaan itu merupakan ketentuan qada’ dan qadar Allah.
d.      Memberikan keseimbangan jiwa , sehingga tidak berkeluh0keluh dalam menghadapi ketentuan Allah.
e.       Meningkatkan iman dan taqwa secara dinamis , sehingga keberhasilan dan kegagalan dianggap sebagai ujian.
f.       Menghilangkan perasaan sombong dan membanggakan diri.
g.      Memberi kemantapan hati untuk memilih yang haq (benar) daripada yang bathil (sesat).
3.2.6.3  Hikmah beriman kepada qada’ dan qadar
a.       menumbuhkan keteguhan hati dan kesabaran
b.      mendorong untuk selalu bertawakal dan berdoa setelah berusaha
c.       mendorong untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT jika usahanya dapat berhasil dan bersikap tegar, sabar, serta tabah jika usahanya gagal
4.      Pandangan Islam Dimasyarakat
Agama merupakan ciri utama kehidupan manusia. Pandangan kita tentang agami kini banyak mengalami perubahan. Hal ini sebagian kaerana kita memiliki cara pandang yang sangat berbeda dengan cara pandang cara pandang generasi sebelumnya. Meskupun dunia tetap beragam dalam hal agama , kita memiliki kesadaran yang lebih besar terhadap pluralisme agama dewasa ini.
Melalui interaksi sosial dan gambaran televisi , kita dapat merasakan kehadiran para penganut agama. Pada  tingkat tertentu kita menyadari bahwa agama merupakan unsur kehidupan manusia yang kompleks. Kita mengetahui bahwa agama jauh melampaui tradisi tertentu atau pengalaman pribadi.
Sebagian dari kita mempunya banyak gagasan dan gambaran tentang agama. Sebagian pengalaman , sebagian lagi berasal dari pengamatan pribadi atau gambaran media sebagian gagasan itu masuk secara kultural melalui jalan yang disadari atau tidak disadari.
Sangatlah sulit memberikan informasi dasar tentang agama dunia dengan cara yang objektif dan dapat dipahami dalam waktu yang sangat singkat. Siapapun  yang melakukan hal itu harus berusaha mendeskripsikan suatu tradisi sedemikian rupa sehingga pengikut tradisi tersebut dapat mengakui dan membenarkannya.
Jelas bahwa islam memperlakukan kehidupan sebagaimana mestinya. Sebuah pemahaman yang benar akan menunjuk kepada kenyataan bahwa islam bukanlah agama politik. Bahkan dapat dikatakan bahwa porsi politik dalam ajaran islam sangatlah kecil. Itupun terkait angsung dengan kepentingan rakyat kebanyakan.
Kalau saja dimengerti dengan baik , akan menjadi jelaslah bahwa islam lebih mementingkan masyarakat adil dan makmur , dengan kata lain masyarakat sejahterah , yang lebih diutamakan kitab suci tersebut dari pada masalah bentuk negara. Dan ketidakmampuan dalam memahami. Hal inilah yang menjadi sebab kemelut luar biasa dalam lingkungan gerakan islam dewasa ini.
B.     SALAT
1.      Pengertian Salat
Salat menurut bahasa artinya do’a, sedangkan menurut istilah salat adalah ibadah berupa tindakan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam dengan memenuhi syarat dan rukun yang ditentukan dengan tujuan pasrah dan mencari ridho Allah SWT.
2.      Makna Salat
Dalam melaksanakan kewajiban sholat lima waktu kita dapat menghadirkan beberapa makna dalam kehidupan sehari-hari diantaranya yaitu: mengajari kita bagaimana mengawali segala sesuatu dengan niat yang baik, hal ini bisa tercermin sebelum memulai shalat kita harus mengawalinya dengan niat. Niat sangat penting dalam ibadah. Diterima atau tidaknya ibadah akan sangat dipengaruhi oleh niat. Dengan gerakan sholat yang dinamis diantaranya dimulai dengan takbir (mengangkat kedua tangan), rukuk, I’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, dan diakhiri dengan salam, diantara semua gerakan dalam sholat yang paling mengesankan adalah sujud, karena kebanyakan menganggap bahwa kepala merupakan sumber kemuliaan tapi ketika sujud, kepala dan kaki sama derajatnya bahkan setiap orang yang sama derajatnya ketika sholat ini mengandung hikmah. Bahwa dalam hidup kita harus tawadhu. Ketawadhuan adalah cerminan kesuksesan mengendalikan diri, mengenal Allah SWT, dan mengenal hakikat hidupnya, bila kita tawadhu (rendah hati) maka Allah SWT akan mengangkat derajat kita, sebagaiman Rasullallah SAW bersabda :
“Sedekah tidak akan mengurangi harta (sebab Allah akan mengganti yang lebih banyak), setiap orang yang suka mengampuni (kesalahan teman) akan ditambah kemuliannya oleh Allah SWT. Dan seseorang bila bertawadhu karena Allah SWT akan diangkat derajatnya (HR Muslim).”
Sholat mengajarkan kita bagaimana hidup bersih, sehat, dan menjaga kesucian baik secara lahir maupun batin. Tidak akan pernah diterima shalat seseorang apabila tidak diawali dengan bersuci. Dalam Surah As-Syam ayat 9-10 Allah SWT berfirman :
“sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan dirinya dan sesungguhnya sangat merugi orang yang mengotori dirinya “
Dengan kata lain siapa yang shalatnya khusyuk maka ia akan selalu berpikir bagaimana lahir batinnya bisa selalu bersih
Makna selanjutnya dari sholat adalah salam. Shalat selalu diakhiri dengan salam yang merupakan sebuah doa semoga Allah memberikan keselamatan, rahmat, dan keberkahan bagimu. Ucapan salam ketika shalat merupakan garansi bahwa diri kita tidak akan pernah berbuat zalim pada orang lain. Ini adalah kunci sukses, karena setiap kali berbuat zalim maka kezaliman ituy akan kembali pada diri kita.
3.      Kewajiban Salat Bagi Kehidupan Sehari-hari
Allah SWT berfirman :
a.       QS. Adz-Dzariyat ayat 56-57
“Dan Aku tidak menciptakan dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku. Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun mereka dan Aku tidak mnenghendaki supaya mereka memberi makan pada-Ku.
b.      QS. At-Tahrim ayat 6
“Hai orang-orang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah SWT terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan
C.   AL-QUR’AN
1.      Pengertian Al- Qur’an
Secara bahasa , al-qur’an berasal dari kata qara’a artinya bacaan. Menurut istilah , al-qur’an adalah kalamullah yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw melalui perantara malaikat jibril untuk disampaikan kepada seluruh umat.
2.      Fungsi Al-Qur’an
a.       Sebagai pedoman oleh setiap umat islam dalam kehidupan sehari-hari
b.      Sebagai sumber utama aturan dalam islam
c.       Memberitakan mana yang baik dan mana yang buruk
d.      Sebagai ilmu pengetahuan
3.      Manfaat Al-Qur’an
Keutamaan membaca Al-Qura’an adalah sebagai berikut :
a.       Dapat mencerahkan lahir dan batin
Yang dijelaskan di dalam surah Al-Maidah ayat 16-17 yang artinya:
Ayat 16 :
“Hai ahli Kitab, Sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al-Kitab yang kamu sembunyikan dan banyak (pula yang) dibiarkannya . Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaaya dari Allah dan kitab yang menerangkan.”
Ayat 17 :
“Dengan Kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhoan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.”
b.      Sebagai syafaat hari kiamat
Rasullulah SAW pun pernah bersabda bahwa dengan membaca Al-Qur’an dapat menjamin keselamatan di hari kiamat kelak
c.       Dapat menghindarkan azab kubur
Rasullulah SAW bersabda :
“Bacalah Al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pembela pada orang yang mempelajari dan mentaatinya.” (HR. Muslim)
d.      Akan mendapat petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT
4.      Keunikan Al-Qur’am Dalam Kehidupan Sehari-hari
Tiada bacaan sebanyak kosakata Al-Qur’an yang berjumlah 77.439 kata, dengan jumlah huruf 323.015 huruf yang seimbang jumlah kata-katanya, baik antara kata dengan padanannya, maupun kata dengan lawan kata dan dampaknya. Contohnya kata “infaq”terulang sebanyak kata yang menunjukan dampaknya yaitu ridha (kepuasan) masing-masing 73 kali, “kikir” sama dengan akibatnya yaitu penyesalan masing-masing 32 kali. “yaum” (hari) terulang sebanyak 365 sejumlah dengan hari dalam setahun dan kata “syahr” (bulan) 12 kali sejumlah dengan bulan dalam setahun. Adakah suatu bacaan makhluk seperti itu? Al-Qur’an menantang
Katakanlah “ Seandainya manusia dan jin berkumpuluntuk menyusun semacam Al-Quran ini,mereka tidak akann berhasil menyusun semacamnya walaupun mereka bekerja sama.” (Q.S Al-Isra : 88)
D.    AKHLAK
1.      Sifat-sifat Terpuji
1.1  Tobat
1.1.1        Pengertian Tobat
Tobat berasal dari kata at-taubah yang artinya kembali. Menurut istilah tobat artinya kembali dari kejahatan pada ketaatan,membersihkan hati yang kotor dan meninggalkan keinginan untuk berbuat kejahatan.
Tobat ialah kembali taat kepada Allah SWT dan menyesal dengan bersungguh-sungguh terhadap dosa yang telah dilakukan baik dosa besar maupun dosa kecil serta memohon keampunan dari Allah. Setiap individu disuruh bertobat untuk menyucikan diri dari dosa besar dan kecil baik yang dilakukan dengan sengaja maupun tidak.
1.1.2        Tujuan Tobat
a.       Dapat mengerjakan ibadah dengan sempurna
b.      Mempeliharakan diri yang suci dari dosa terutama pada hari perhitungan di akhirat kelak
c.       Jiwa dan perasaan tenang
d.      Mendapat balasan yang baik pada hari akhirat
e.       Ibadah yang dilakukan diterima Allah SWT
f.       Mendapat petunjuk dan hidayah dari Allah SWT
1.1.3        Manfaat Tobat
a.       Mendapat pengampunan dosa oleh Allah SWT.
b.      Mendekatkan diri kepada Allah SWT
c.       Dapat diterima sebagai saudara oleh kaum muslim di dunia
1.2  Taqwa
1.2.1        Pengertian Taqwa
Taqwa adalah mengikuti semua perintah Allah dan menjauhi larangannya.
1.2.2        Ciri-ciri Orang Taqwa
a.       Beriman kepada al-qur’an 
b.      Beriman kepada malaikat / yang gaib
c.       Mendirikan salat
d.      Beriman kepada hari kiamat
e.       Menahan hawa nafsu
f.       Pemaaf
g.      Bersegeralah mengingat allah
1.2.3        Cinta Allah Kepada Orang Yang Taqwa
a.       Terbukanya pintu berkah
b.      Mendapat jalan keluar dari kesulitan
c.       Ampunan atas kesalahan dosa
1.3  Raja’
1.3.1        Pengertian Raja’
Raja’ artinya harapan. Makna kata raja’ adalah mengharap keridhaan allah swt.
1.3.2        Muslim Yang Bersifat Raja’
a.       Optimis yaitu sikap seseorang yang selalu berpandangan baik terhadap segala persoalan yang dihadapi. Seorang muslim yang optimis akan selalu bertawakal kepada allah, yakni berusaha sekuat tenaga untuk meraih citanya dan menyerahkan hasil usahanya kepada allah. Mereka sangat yakin dengan firma allah di dalam Q.S. at – Talaq ayat 3 yaitu “Dan barang siapa bertawakal kepada allah , niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”
b.      Dinamis artinya selalu bergerak , tidak statis atau diam di tempat. Sehingga bisa diartikan selalu berubah kearah kemajuan , selalu tumbuh dan berkembang dan atau selalu beraktifitas atau bekerja. Seorang yang berjiwa dinamis selalu berjuang secara bersungguh-sungguh ke arah kemajuan untuk mencapai peningkatan kualitas diri.
c.       Berfikir kritis artinya memiliki kemampuan analogi yang tajam. Sangat teliti dalam menganalisis suatu masalah , tidak mudah tertegun kagum , dan selalu berusaha segera menemukan kebenaran , kesalahan , kekeliruan , kekurangan , dan atau kelebihan suatu objek yang dipandang.
d.      Menyadari eksistensi diri bahwa manusia adalah makhluk allah yang senantiasa tunduk pada sunnatullah serta mengharapkan keridaan dan rahmat dari allah..
1.4  Sabar
1.4.1        Pengertian Sabar
Sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan ketaaan kepada Allah SWT, menahannya dari perbuatan maksiat kepada Alaah SWT serta menjaganya dari perasaan dan sikap marah dalam menghadapi takdir Allah SWT. Sedangkan dari segi istilahnya, sabar adalah menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah
1.4.2        Macam-macam Sabar
a.       Sabar dalam menghadapi ujian yang diberikan allah
b.      Sabar untuk menahan hawa nafsu
c.       Sabar dalam mengamalkan ilmu
d.      Sabar dalam menuntut ilmu
1.5  Ikhlas
1.5.1        Pengertian Ikhlas
Menurut bahasa ikhlas berarti bersih dari kotoran dan menjadikan sesuatu bersih tidak kotor, sedangkan menurut istilah ikhlas adalah niat mengharapkan Ridha Allah SWT saja dalam beramal tanpa menyekutukan-Nya dengan yang lain.
1.5.2        Ciri-ciri Ikhlas
a.       Terjaga dari segala sesuatu yang diharamakn oleh Allah SWT, baik sedang bersama dengan manusia maupun sendiri
b.      Senantiasa beramal di jalan Allah SWT
c.       Selalu menerima apa adanya yang diberikan oleh Allah SWT dan selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT
d.      Mudah memaafkan kesalahan orang lain
1.5.3        Manfaat Dan Keutamaan Ikhlas
a.       Membuat hidup menjadi tenang dan tenteram
b.      Amal ibadahnya akan diterima oleh Allah SWT
c.       Dibukanya pintu ampunan dan dihapusnya dosa serta dijauhkan dari api neraka
d.      Diangkatnya derajat dan martabat oleh Allah SWT
e.       Do’a kita akan dijabah
f.       Dekat dengan pertolongan Allah SWT
g.      Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT
h.      Akan mendapatkan naungan dari Allah SWT
i.        Allah SWT akan memberi hidayah atau petunjuk sehingga tidak tersesat ke jalan yang salah
j.        Allah SWT akan membangun sebuah rumah untuk orang-orang yang ikhlas dalam membangun mesjid
k.      Mudah dalam memaafkaan kesalahan orang lain
l.        Dapat memiliki sifat zuhud (menerima dengan apa adanya yang diberikan oleh Allah SWT)
1.6  Tawakal
1.6.1        Pengertian Tawakal
Dalam pengertian yang sederhana tawakal artinya mewakilkan. Sedangkan secara luas tawakal artinya menyerahkan segala permasalahan kepada allah swt.
Tawakal bukanlah penyerahan diri kepada allah secara mutlak , melainkan penyerahan tersebut harus disertai dengan usaha manusiawi.
1.6.2        Cara Membiasakan Diri Bersikap Tawakal
a.       Menjadikan segala aktivitasnya untuk beribadah kepada allah swt.
b.      Memperbanyak mengingat kepada allah swt. Dalam setiap langkah dan pekerjaannya.
c.       Menanamkan kesadaran bahwa manusia hanya dapat berusaha dan berikhtiar , namun yang menentukan hasilnya adalah allah swt.
d.      Menyadari bahwa dirinya sebagi manusia yang memiliki kelebihan dan kelemahan.
1.6.3        Manfaat Tawakal
a.       Tidak mudah berputus asa dalam berusaha , sebab bila mengalami kegagalan telah menyerahkan diri kepada allah swt.
b.      Tidak akan merasa sombong jika telah berhasil apa yang diinginkan , sebab keberhasilannya telah sesuai dengan ikhtiar yang dilakukan.
c.       Mendidik seseorang menjadi percaya diri dalam mencapai cita-citanya
d.      Membuat seseorang selalu mensyukuri nikmat dari allah , karena ia yakin setiap karunia itu atas pemberian-Nya.
e.       Menjadikan hati merasa tenang dan tentram , sebab selalu merasa dekat dengan allah swt.
f.       Mendidik seseorang untuk berhati-hati dan mawas diri , bahwa segala perbuatan kita diawasi dan kelak akan diberi balasan sesuai baik dan buruknya.
g.      Mendorong seseorang untuk bersikap optimis dalam segala usahanya dan hanya bergantung kepada pertolongan allah swt.
1.7  Syukur
1.7.1        Pengertian Syukur
Kata syukur berasal dari bahasa Arab yang artinya rasa terima kasih kepada Allah SWT dan untunglah (menyatakan lega, senang, dan sebagainya)
1.7.2        Macam-macam Syukur
a.       Syukur dengan hati
Yaitu menyadari dan meyakini bahwa semua nikmat dan karunia yang diperoleh merupakan anugrah dari Allah SWT
b.      Syukur dengan lisan
Yaitu mengakui dengan ucapan bahwa sumber nikmat dari Allah dan memuji-Nya sebanyak mungkin
c.       Syukur dengan perbuatan
Yaitu taat beribadah kepada-Nya dan menggunakan karunia itu untuk kebaikan
1.8  Qana’ah
1.8.1        Pengertian Qana’ah
Qana’ah merupakan sifat mulia yang menunjukkan harga diri dan standar akhlaq tinggi bagi tiap-tiap muslim. Bagi orang-orang yang memiliki sifat qona’ah termasuk orang – orang yang beruntung, sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw berikut ini:
Artinya :Sungguh beruntung orang yang masuk islam mendapat rezeki secukupnya dan ia merasa cukup dengan apa yang telah Allah berikan kepadanya”. (HR Muslim)
1.8.2        Hikmah Qana’ah
a.       Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah
b.      Mendorong setiap muslim untuk berlapang dada, berhati tentram, dan selalu merasa berkecukupan.
c.       Memupuk jiwa sabar dan tawakal
d.      Terhindar dari sikap tamak, serakah dan dengki
e.       Membiasakan diri untuk hidup sederhana sesuai ajaran Islam
f.       Memperteguh tekat dan memperkuat langkah dalam mencari anugrah Allah SWT
g.      Menimbulkan ketentraman batin dan kebahagiaan hidup
1.9  Tawadu
1.9.1        Pengertian Tawadu
Tawadu artinya rendah hati. Kerendahan hatinya diwujudkan dalam ucapan, sikap dan tindakan. Bagi orang yang memliki sikap tawaduk dalam dirinya tidak ada kesombongan, sikap dan tingkah lakunya senantiasa menghargai orang lain, tidak ada sedikit pun dalam hatinya kesombongan
1.9.2        Membiasakan Perilaku Tawadu
a.       Melatih dan menjaga hati untuk senantiasa tenang, bersih, dan tidak berperasaan buruk
b.      Membiasakan berperilaku baik dan rendah hati serta menghargai orang lain
c.       Tidak berperilaku sombong
d.      Membiasakan bersikap tenang, wajar, santun dalam menghadapi berbagai masalah, utamanya berkaitan dengan orang lain
1.10  Jujur
Jujur dapat diartikan bisa menjaga amanah. Jujur merupakan salah satu sifat manusia yang mulia, orang yang memiliki sifat jujur biasanya dapat mendapat kepercayaan dari orang lain. Sifat jujur merupakan salah satu rahasia diri seseorang untuk menarik kepercayaan umum karena orang yang jujur senantiasa berusaha untuk menjaga amanah.
1.11  Amanah
1.11.1    Pengertian Amanah
Amanah adalah kata yang sering dikaitkan dengan kekuasaan dan materi. Secara syar’i amanah bermakna menunaikan apayang dititipkan atau dipercayakan. Itulah makna yang terkandung dalam firman Allah SWT tang artinya sebagai berikut :
“sesungguhnya Allah memerintahkan kalian untuk menunaikan amanah-amanah kepada pemiliknya dan apabila kalian menetapakan hukum antara manusia hendaklah kalian menetapkan hukum dengan adil.
1.11.2    Macam-macam Amanah
a.       Amanah Fitrah yaitu amanah yang diberikan oleh Allah SWT sejak manusia dalam rahim ibunya, bahkan jauh sejak dimasa alam azali
b.      Amanah Syari’ah yaitu untuk tunduk dan patuh pada aturan Allah SWT dan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya
c.       Amanah Hukum/Keadilan yaitu amanah untuk menegakkan hukum Allah SWT secara adil baik dalam kehidupan pribadi maupun bernegara
d.      Amanah Ekonomi yaitu bermu’amalah dan menegakkan sistem ekonomi yang sesuai dengan aturan syariat Islam dan menggantikan ekonomi yang bertentangan dengan syariat serta memperbaiki yang kurang sesuai dengan syariat
e.       Amanah Sosial yaitu bergaul dengan menegakkan sistem kemasyarakatan yang Islami jauh dari tradisi yang bertentangan dengan nilai Islam, menepati janji serta saling menasihati dalam kebenaran kesabaran dan kasih sayang
f.       Amanah Pertahanan dan Keamanan yaitu membina fisik dan mental, dan mempersiapkan kekuatan yang dimiliki agar bangsa negara dan umat tidak dijajah oleh imperialisme kapitalis maupun komunis dan berbagai musuh Islam lainnya
1.12  Pemaaf
Dalam bahasa Arab, maaf diungkapkan dengan kata al-afwu. Kata al-afwu , berarti terhapus atau menghapus. Jadi, memaafkan mengandung pengertian menghapus luka atau bekas-bekas luka yang terdapat dalam hati. Dengan memaafkan kesalahan orang lain berarti berhubungan antara mereka yang bermasalah kembali baik dan harmonis karena luka yang ada di dalam hati mereka, terutama yang memaafkan, telah sembuh. Islam mendorong Muslim untuk memiliki sikap pemaaf. Sifat ini muncul karena keimanan, ketakwaan, pengetahuan dan wawasan mendalam seorang Muslim tentang Islam.
1.13  Baik sangka
Husnuzan artinya berbaik sangka, lawan katanya adalah suuzan yang artinya berburuk sangka. Berbaik sangka dan berburuk sangka merupakan bisikan jiwa, yang dapat diwujudkan melalui perilaku yakni ucapan dan perbuatan. Perilaku husnuzan termasuk akhlak terpuji karena akan mendatangkan manfaat. Sedangkan perilaku suuzan termasuk akhlak tercela karena akan mendatangkan kerugian. Sungguh tepat jika Allah SWT dan rasul-Nya melarang perilaku buruk sangka. Sesuai dengan firman-Nya padasurat Al-Hujurat ayat 49 yang artinya:
“Jauhkanlah dirimu dari berprasangka buruk, karena berprasangka buruk itu sedusta-dusta pembicaraan (yakni jaukan dirimu dari sesorang berdasarkan sangkaan saja).” (H.R Bukhari dan muslim)
2.      Sifat-sifat tercela
2.1  Hasad
2.1.1        Pengertian Hasad
Hasad yaitu sikap dan sifat seseorang yang tidak senang terhadap kenikmatan orang lain dan berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut agar pindah kepadanya. Sifat hasad termasuk salat satu penyakit hati , penyakit rohani yang hinggap pada seseorang dan sangat membahayakan bagi yang bersangkuta.
2.1.2        Tanda-tanda Hasad
a.       Tidak suka (benci) jika orang lain mendapat kenikmatan karena menurut keinginannya hanya dialah yang layak mendapat kenikmatan sedangkan orang lain tidak pantas.
b.      Merasa gembira atau senang jika orang lain mendapat musibah.
c.       Biasanya orang yang hasad selalu egois tanpa memperdulikan orang lain.
d.      Mudah tersinggung dan marah oleh ucapan, sikap dan perbuatan oramg lain , sehingga selalu gelisah atau susah dan tidak memiliki ketenangandan ketentraman hidup
e.       Kurang bersyukur pada nikmat allah sehingga jiwa , keimanan dan keislamannya sangat lemah.
2.1.3        Penyebab Hasad
a.       Kurangnya beryukur atas nikmat dari allah , sehingga ia mudah menyimpang dari ajaran allah dan memiliki sifar-sifat tercela.
b.      Tidak menyadari bahwa setiap orang sudah mempunyai nikmat sendiri-sendiri sesuai dengan kehendak dan ketetapan allah. Akibatnya dia hasad terhadap orang lain.
c.       Permusuhan , takabur (sombong) , bangga diri , ambisi kepemimpinan dan jeleknya jiwa .
2.1.4        Bahaya Hasad
a.       Hasad menghapus kebaikan yang pernah dilakukan sehingga kebaikannya tidak bermafaat.
b.      Hasad dapat merusak jiwa , iman , islam dan takwa pada allah.
c.       Dengki dapat merusak dan memutuskan persaudaraan sebaimana disebutkan dalam hadis nabi.
d.      Dengki dapat menimbulkan perselisihan , pertengkaran dan permusuhan sehingga dapat mengakibatkan hidup seseorang rusak , gelisah dan tidak dapat hidup tenang dan tentram.
e.       Dengki dapat merusak hati dan mental seseorang sehingga orang menilai jelek dan buruk
2.1.5        Cara Menghindari Hasad
a.       Berlindung kepada allah swt dari kejahatn orang yang hasad dan membentengi diri dengan allah subhanahu wa ta’ala.
b.      Bertkwa kepada allah swt dengan mejalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya
c.       Bersabar atas musuh karena tidaklah seorang ditolong dari orang yang hasad dan musuhnya , sebagaimana orang yang bersabar atasnya dan bertawakal kepada allah swt.
d.      Tawakal , karena orang yang bertawakal kepada allah swt ia akan mencukupinya
e.       Mengosongkan hati dari sibuk dan memikirkan orang yang hasad kepada dirinya
f.       Mengarahkan hatinya kepada allah swt dan ikhlas kepada-Nya , serta menjadikan kecintaan kepada allah swt. Dan keridhaannya di tempat terbesitnya pikiran.
g.      Bertaubat kepada allah swt dari segala dosa.
h.      Bersedekah dan berbuat baik semampunya.
i.        Yang paling berat adalah memadamkan api orang yang hasad dan dzalim serta menyakitinya , denga berbuat baik kepadanya.
j.        Memurnikan tauhid. Makhluk-makhluk ini ada yang menggerakannya.
2.2  Riya
2.2.1        Pengertian Riya
Riya adalah sifat dan sikap seseorang yang suka memperlihatkan kelebihannya pada orang lain untuk mengharap pujian dan sanjungan orang lain.
2.2.2        Tanda-tanda Riya
a.       Tidak akan melakukan perbuatan baik
b.      Beribadah hanya sekedar ikut-ikutan
c.       Terlihat tekun dan bertambah motivasinya dalam beribadah jika mendapat pujian dari orang lain
d.      Senantiasa berupaya menampakkan segala perbuatan baiknya agar diketahui orang lain.
e.       Sangat gembira jika dipuji orang lain.
f.       Mudah tersinggung dan sakit hati jika tidak di puji oleh orang lain.
g.      Hidup selalu berpura-pura dan tidak ada kesungguhan dalam hati
h.      Mudah kecewa terhdap sikap dan tindakan orang lain yang tidak menguntungkan dirinya
i.        Mudah putus asa dan selalu gelisah dalam hidupnya.
2.2.3        Bahaya-bahaya Riya
a.       Diri-sendiri akan merasakan ketidakpuasan , rasa hampa , sakit hati dan penyesalan ketika orang lain tidak menghargai , menyanjung dan berterima kasih kepadanya.
b.      Orang lain tdak akan suka kepada orang riya
c.       Allah tidak menerima dan memberi pahala atas perbuatan riya
d.      Apa yang dilakukan akan menjadi mubadzir meskipun pengorbananya cukup banyak
e.       Jiwa keimanan , ke-islaman dan ketakwaannya menjadi rusak.
f.       Ia tidak memiliki sifat percaya diri atas kemampuannya.
g.      Hidupnya tidak memperoleh ketenangan dan ketentraman sebab hati dan pikirannya kacau dan selalu bingung lebih-lebih jika melihat orang lain memperoleh kenikmatan.
h.      Ia termasuk orang yang mendustakan agama dan kelak akan masuk kedalam neraka.
2.2.4        Menghindari Sifat Riya
a.       Memfokuskan niat ibadah kita hanya semata-mata karena allah swt
b.      Jangan mudah terpengaruh atau tergiur dengan kemewahan yang ada didepan mata.
c.       Jangan suka memamerkan sesuatu yang kita punyai karena pada dasarnya semua yang kita miliki adalah dari allah dan akan kembali pada-Nya.
d.      Jangan membuat kecemburuan kepada orang lain.
e.       Hendaknya saling menasehati untuk kebaikan dan kesabaran dalam beribadah.
f.       Membiasakan diri untuk bersyukur kepada allah swt.
2.3  Aniaya
2.3.1        Pengertian Aniaya
Aniaya secara bahasa mengandung pengertian aniaya/celaka. Aniaya secara istilah mengandung pengertian berbuat aniaya/celaka terhadap diri sendiri atau orang lain dengan cara-cara bathil yang keluar dari jalur syari’at agama islam. Disisi lain aniaya bisa berarti menempatkan sesuatu tidak sesuai dengan tempatnya. Aniaya merupakan perbuatan yang di larang oleh allah swt. Dan termasuk salah satu dosa besar.
2.3.2        Macam-macam Sifat Aniaya
a.       Aniaya kepada allah swt dengan cara tidak mau melaksanakan perintah allah dan melaksanakan larangan-Nya
b.      Aniaya kepada diri-sendiri contohnya membiarkan diri-sendiri tetap bodoh , miskin , malas , minum-minuman keras dan bunuh diri.
c.       Aniaya kepada orang lain , contohnya mengumpat , mengadu domba , memfitnah , mencuri , merampok , penyiksaan dan pembunuhan.
d.      Aniaya kepada makhluk lain contohnya menebangi pohon dengan liar dan menyembelih binatang dengan senjata tumpul.
2.3.3        Cara Menghindari Sifat Aniaya
a.       Selalu waspada dan hati-hati dalam setiap menghadapi masalah
b.      Jangan membuka aib atau cacat orang lain
c.       Menumbuhkan rasa persaudaraan , kasih sayang dan persatuan kepada antar sesama.
d.      Mengamalkan ajaran agama
e.       Membiasakan diri bersyukur kepada allah.
f.       Berhati-hati dalam bertindak , berbicara dan dalam menerima setiap informasi yang ada
g.      Membiasakan diri berbuat adil terhadap diri sendiri maupun orang lain.
2.4  Diskriminasi
2.4.1        Pengertian Diskriminasi
Kata diskriminasi dalam bahasa arab disebut dengan tafrik , sedangkan diskriminasi berasal dari bahasa inggris yaitu discrimination yang artinya perbedaan perlakuan. Diskriminasi adalah perbedaan perlakuan atau pengucilan yang langsung ataupun tidak langsung berdasarkan agama, suku , ras , etnik , kelompok , golongan , status sosial , status ekonomi , jenis kelamin , bahasa , keyakinan , politik dan lain sebagainya.
2.4.2        Macam-macam Diskriminasi
a.       Diskriminasi jenis kelamin yaitu pembedaan sikap dan perlakuan terhadap orang berdasarkan jenis kelamin
b.      Diskriminasi ras yaitu pembedaan berdasarkan asal bangsa yang menganggap bahwa rasa yang satu lebih hebat daripada ras yang lain.
c.       Diskriminasi sosial yaitu pembedaan orang terhadap sesama warga berdasarkan status sosial seperti kaya , miskin , bangsawan atau rakyat jelata atau suatu agama.
d.      Diskriminasi warna kulit yaitu pembedaan berdasarkan warna kulit misalnya orang berkulit putih dengan orang yang berkulit hitam.
2.4.3        Cara Menghindari Sifat Diskriminasi
a.       Gemar bersilahturahmi
b.      Bersikap toleran terhadap sesama umat beragama dan tidak memaksakan keyakinan terhadap umat lainnya.
c.       Menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan.
d.      Tidak suda mengolok , buruk sangka atau memfitnah antara satu dengan yang lain.
2.5  Ananiah (Egois)
2.5.1        Pengertian Ananiah
Ananiyah berasal dari kata ana artinya aku atau saya. Ananiyah adalah sifat yang merasa segala sesuatu yang terjadi kaeran aku atau saya.
2.5.2        Bentuk-bentuk Ananiah
a.       Selalu ingin menang dalam pembicaraan dengan teman.
b.      Menonjolkan kemampuan dirinya di hadapan sesama manusia
c.       Susah menerima saran atau kritikan dari orang lain.
d.      Kurang menghargai pendapat orang lain.
2.5.3        Akibat Sifat Ananiah
a.       Dibenci allah swt dan orang lain.
b.      Dapat mendorong seseorang menjadi kikir.
c.       Dapat merusak persaudaraan antar teman.
d.      Dikucilkan dari kehidupan masyarakat.
e.       Memiliki banyak musuh.
f.       Hidupnya menjadi susah
2.5.4        Cara Menghindari Perilaku Ananiah
a.       Menjadikan seseorang lebih dihargai dan dihormati oleh masyarakat.
b.      Hidupnya dapat bermanfaat untuk orang banyak.
c.       Menjadikan seseorang memiliki pribadi yang menyenangkan.
d.      Menumbuhkan sikap sosial , toleransi , dan setia kawan dalam diri seseorang
e.       Bertambahnya saudara dan kawan.
2.6  Gadab (Pemarah)
2.6.1        Pengertian Gadab
Gadab adalah perasaan sangat tidak senang berang atau gusar karena tidak menyukai sesuatu.
Islam memerintahkan kepada kita untuk menjauhi sifat pemarah dan menggantinya dengan sifat pemaaf.
2.6.2        Akibat Dari Sifat Gadab
a.       Merusak kesehatan
b.      Merusak benda , menyakiti atau membunuh orang lain.
c.       Dihauhi teman.
2.6.3        Cara Mengatasi Sifat Gadab
a.       Ketika seseorang sedang marah berarti sedang dalam kekuasaan setan.
b.      Mengingat kerugian atau akibat buruk yang ditimbulkan dari sifat marah.
c.       Takut akan siska allah
d.      Memaafkan kesalahan orang lain.
2.7  Gibah (Menggunjing)
2.7.1        Pengertian Gibah
Gibah yaitu membicarakan aib atau keburukan orang lain. Suatu aib atau keburukan itu bisa terdapat pada badan , pakaian , rumah , tindakan , etika dan sebagainya.
2.7.2        Sebab-sebab Gibah
a.       Menghina dan menjelekan orang lain
b.      Sebagai pelampiasan benci atau marah
c.       Karena pengaruh dari teman
d.      Karena ingin mencari perhatian
e.       Ingin membanggakan diri sendiri
2.7.3        Cara Menghindari Gibah
a.       Mengingat bahwa kita juga memiliki kekurangan karena tidak ada seorang pun yang tidak memiliki kekurangan atau aib.
b.      Menyadari bahwa allah swt membenci terhadap orang yang menggunjing.
c.       Mengetahui bahwa kebencian allah terhadap perbuatan ini diibaratkan seperti seseorang yang memakan bangkai saudaranya.
2.8  Naminah (Adu Domba)
2.8.1        Pengertian Naminah
Naminah yaitu mengadu domba yakni menceritakan perbuatan seseorang yang belum tentu benar kepada orang lain dengan maksud agar terjadi perselisihan. Perbuatan naminah sangat dilarang dan dibenci oleh islam. Karena perbuatan naminah dapat merusak keharmonisan hubungan yang terjalin.
2.8.2        Cara Menghindari Sifat Naminah
a.       Tidak mudah menerima suatu berita apabila tidak jelas kebenarannya.
b.      Mengadakan tabayun (kejelasan suatu berita) apabila mendengar berita dari seseorang
c.       Berusaha menghentikan atau mengalihkan pembicaraan yang cenderung menjelek-jelekan orang lain.
2.9  Takabur
2.9.1        Pengertian Takabur
Menurut bahasa takabur artinya sifat merasa dirinya besar atau membanggakan diri sendiri. Orang yang memiliki sifat takabur disebut mutakbir. Takabur menurut istilah adalah sikap mental dan perbuatan yang merasa dirinya lebih besar , lebih tinggi , lebih pandai atau lebih segalanya dan memandang kecil serta rendah orang lain.
2.9.2        Ciri-ciri Takabur
a.       Suka memuji diri sendiri dan merasa puas atas kelebihannya.
b.      Suka merendahkan dan meremehkan orang lain
c.       Suka mencela dan membesar-besarkan kesalahan orang lain.
d.      Cenderung menutupi kekurangan dirinya sendiri
e.       Tidak bisa menghargai orang lain.
2.9.3        Akibat Negatif Sifat Takabur
a.       Merasa selalu benar dan tidak pernah bersalah
b.      Merasa paling mampu dan paling pandai
c.       Dijauhi oleh orang lain
d.      Diancam oleh allah akan dimasukkan ke neraka


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Islam mempunyai karakter yaitu alqur’an , solat dan akhlak. Solat merupakan karakter islam yang paling utama. Karena solat merupakan tiang agama. Dan islam tidak lengkap tanpa adanya agama.
Al-Qur’an merupakan karakter islam yang kedua karena al-qur’an terdapat perintah dan larangan allah swt , yang mana harus dikerjakan dan dijauhi oleh umat manusia. Dan yang paling terakhir adalah akhlak yaitu untuk menyempurnakan karakter islam sehingga membuat manusia lebih mengenal lebih jauh apa itu islam.
B.     Saran
Berdasarkan kesimpulan tersebut, makalah ini mempunyai banyak kekurangan dan jauhnya dari kesempurnaan, oleh karena itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun sangatlah saya harapkan terutama dari Bapak Dosen pembimbing dan rekan pembaca sekalian demi kesempurnaan makalah ini dan dimasa yang akan mendatang, semoga makalah ini bermanfaat untuk kita semua dan menambah wawasan kita.
makalah ini diharapkan bisa diamalkan dikehidupan sehari-hari.
















DAFTAR PUSTAKA
Departemen agama RI.1997.Buku Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V”.Jakarta:Direktoran Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam
Suprihartoyo.2011.”Buku Pendidikan Agama Islam kelas XI”.Jakarta.
Ibrahim & Darsono.”Pemahaman Al-Quran dan Hadis”.Solo:Tiga Serangkai.2008
Ngadiyanto.”Pendidikan Agama Islam Kelas X”.Jakarta.Tiga Serngkai.2006         
Ngadiyanto.”Pendidikan Agama Islam Kelas XII”.Solo.Tiga Serangkai.2006
Tim Abdi Guru.”Ayo Belajar Agama Islam”.Jakarta.Erlangga.2007
Syamsuri.2004.”Buku Pendidikan Agama Islam Untuk Siswa Kelas 1”.Erlangga:Jakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar